Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Apa itu ZISWAF? Berikut Perbedaan dan Pengertiannya beserta Dalilnya

Forhumanity.idZISWAF adalah singkatan dari zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang merupakan bentuk amal dalam Islam. Keempatnya memiliki peranan yang penting dalam kesejahteraan kehidupan sosial kita, namun memiliki perbedaan dan pengertiannya masing-masing. Berikut ini adalah perbedaan ZISWAF yang dapat kita amati berdasarkan masing-masing pengertiannya.

 

Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib kita tunaikan bagi umat Muslim yang mampu dengan tujuan untuk membersihkan harta seseorang dari sifat kikir, serakah dan egois. Anjuran zakat juga dituliskan pada Firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah: 43 berikut: 

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’”.

Zakat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Zakat Fitrah, yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim di bulan Ramadan sebelum shalat Idulfitri. Zakat fitrah dapat dikeluarkan berupa bahan makanan pokok. Jumlah zakat fitrah yang dikeluarkan adalah sebesar 2.5 Kg atau 3.5 liter per orang.
  2. Zakat Mal, yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memiliki harta melebihi nisab (batas minimal) dan telah mencapai haul (masa kepemilikian) selama satu tahun hijriyah. Zakat yang dapat dikeluarkan untuk zakat mal adalah berupa harta-harta seperti emas, perak, uang, ternak, hasil pertanian, perdagangan, profesi, pertambangan, dan lain-lain. Besarannya bervariasi tergantung jenis harta yang dimiliki, mulai dari 2.5% hingga 20%.

Salah satu zakat mal yang bisa sahabat tunaikan adalah zakat untuk membantu anak-anak Palestina yang sedang berada di tengah genosida berkepangjangan. Zakat mal ini dapat disalurkan melalui program Bayar Zakat untuk Bantu Anak-Anak Palestina dari ForHumanity.

 

Infaq

Infaq dalam Islam merupakan tindakan memberikan sebagian harta atau benda yang dimiliki dari kegiatan beribadah kepada Allah SWT. Komponen ZISWAF yang satu ini memiliki tujuan untuk membangun dan mengembangkan kepentingan umat Islam dalam bidang sosial, ekonomi, dan keagamaan. Kegiatan berinfaq juga diharapkan dapat memperkuat solidaritas dan persatuan umat Islam. 

Seperti Infaq Jariyah Pembangunan Eco Pesantren Entrepreneur Pertama dan Gratis di Malang. Pesantren ramah lingkungan ini dibangun dengan penuh harapan untuk melahirkan  individu yang mandiri dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan, serta dibekali ilmu, iman dan taqwa.

Perintah berinfaq juga dijelaskan pada potongan Q.S. Al Baqarah: 267, berikut:

Wahain orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik…”

 

Sedekah

Serupa tapi tak sama dengan berinfaq, sedekah dalam Islam merupakan bentuk amal yang bertujuan untuk memberikan manfaat atau bantuan berupa harta, tenaga dan ilmu kepada orang yang lebih membutuhkan.

Sedekah bertujuan untuk membantu meringankan beban dan penderitaan orang yang membutuhkan, serta membantu kebutuhan dasar orang lain atau kelompok seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Sedekah atau salah satu komponen ZISWAF yang satu ini memiliki keutamaan dibalas sepuluh kali lipat, sebagaimana Abu Umamah meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW yang bersabda:

Seseorang masuk surga, lalu dia melihat tulisan di atas pintu surga ‘Satu sedekah dibalas sepuluh kali lipat, dan pinjaman dibalas 18 kali lipat.” (Hadits shahih, termuat dalam As-Silsilah Ash-Shahihah)

Salah satu sedekah yang dapat kita tunaikan adalah Sedekah Beras untuk 1000 Lansia di Pelosok Indonesia yang sangat membutuhkan uluran tangan kita karena kondisi fisiknya yang tak lagi kuat untuk mencari nafkah.

 

Wakaf

Wakaf merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan daam Islam karena dianggap sebagai sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir, bahkan hingga orang yang mewakafkan hartanya itu meninggal dunia. 

Sebagaimana hadis yang diceritakan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah:

“Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali dari tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya,  dan anak soleh yang mendoakannya.”

Wakaf sendiri adalah sebuah kegiatan di mana seseorang menahan barang atau hartanya untuk disalurkan manfaatnya dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Wakaf dapat digunakan untuk kebutuhan seperti pendidikan, peribadahan, fakir miskin, atau membantu orang yang tertimpa musibah.

Beberapa kegiatan wakaf antara lain menyerahkan harta yang tahan lama seperti tanah atau bangunan untuk dimanfaatkan oleh orang lain bagi kepentingan umum. Contohnya seperti wakaf yang dapat disalurkan melalui program Investasi Pahala Jariyah dengan Wakaf Sumur di Pelosok Sumatera Barat di ForHumanity.

Dengan memahami ZISWAF dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, semoga dapat membantu kita untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai manusia dan umat muslim agar berkontribusi dalam kegiatan sosial. Yuk tunaikan ZISWAF sahabat melalui ForHumanity!

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved