ImageBantu 600 Santri Difabel Punya Pondok Qur'an L...
Image

Bantu 600 Santri Difabel Punya Pondok Qur'an Layak

Image
Semarang, Jawa Tengah
Rp 155.674.818 terkumpul dari Rp 175.000.000
604 Donasi sudah berakhir

Penggalang Dana

Image
Image
Verified Organization

Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya lahir dengan disabilitas, pun tidak manusia yang ingin lahir menjadi difabel. Namun, Allah telah memberikan kelebihan tertentu kepada mereka, salah satunya adalah kekuatan hafalan Al-Qur'an yang luar biasa.

Kami, bersama Pondok Aisyah Luqman, berkomitmen untuk memberikan tempat yang layak bagi para santri Difabel agar mereka dapat menghafal dan memahami Al-Qur'an. Ini adalah langkah awal menuju kegiatan membaca Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an, dan menanamkan akhlakul karimah kepada para Santri difabel.

Namun, saat ini, kegiatan kami terbatas pada ruangan yang sempit dan berhimpitan.

 

Kegiatan di Rumah Tahfiz Aisyah Luqman

Membaca Jilid Braile, Menghafal Al Qur'an, Pengajian, Sholat Berjamaah

Di Kecamatan Tembalang, tepatnya di Kelurahan Sendangmulyo. Di sini, Pak Aris, seorang pendidik yang telah mengajar di sekolah luar biasa(SLB) selama hampir 15 tahun, mengamati permasalahan serius. Di sekolah tempatnya mengajar, hampir 90% dari 700 siswa adalah anak-anak difabel, khususnya siswa tunanetra menghadapi kesulitan dalam membaca Al-Qur'an. Anak-anak ini tidak memiliki akses yang memadai untuk memahami Al-Qur'an dan ajaran agama mereka. Mereka mengalami kesulitan besar karena minimnya pelayanan pendidikan agama yang sesuai.

Pak Aris bersama istrinya merasa mempunyai tanggung jawab oleh permasalahan ini. Mereka menyisihkan hampir 50% dari pendapatan mereka untuk mendukung operasional dan pembangunan rumah tahfidz khusus untuk santri difabel. Awalnya, harapan mereka sederhana, yaitu untuk mengajar sekitar 10 santri. Namun, semangat mereka dan permintaan yang terus bertambah membuat rumah tahfidz ini tumbuh hingga melayani 40 santri difabel.

Mereka menjual beberapa aset pribadi, seperti burung, sarang madu kancleng, perhiasan istri, dan uang anak-anak yang diperoleh dari hadiah lomba di sekolahan, untuk memberikan layanan yang dibutuhkan oleh santri difabel.

Saat ini, rumah tahfidz terus beroperasi, Namun, kondisinya sangat tidak mampu menampung pertumbuhan santri yang terus bertambah. Keterbatasan ruang dan fasilitas menghambat mereka untuk memberikan layanan yang memadai kepada santri difabel.

Banyak saudara difabel yang ingin mengaji Al-Qur'an mungkin tidak akan dapat dilayani dengan baik. Resiko tidak memiliki Skill hidup mandiri sehingga menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat, akan semakin besar jika bantuan tidak datang.

Mari bergabung bersama kami untuk menciptakan perubahan. Dukungan dan doa Anda sangat berarti bagi kami. Jika ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi BMT ANDA.

Alamat Kami:
BMT ANDA
Jl. Menoreh Utara Raya, No.1, Sampangan Kota Semarang,

  • April, 20 2024

    Campaign is published

Sobat Baik14 hari yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.153
Sobat Baik1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 100.395
Sobat Baik1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 500.948
Priambodo1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 100.382
Sobat Baik1 bulan yang lalu
Berdonasi sebesar Rp 25.234

Fundraiser (1)

MR G
Berhasil mengajak 4 orang untuk berdonasi.
Rp  250.970
Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik (261)

Sobat Baik1 bulan yang lalu
Bismillah smg menjadi Barokah untuk kita semua. Menjauhkan dari segala mara bahaya & sihir orang2 yg jahat. Aamiin Yaa Robbal Alaamiin 🤲🏻
Image
Aaminn-kan doa ini
+1
Priambodo1 bulan yang lalu
Pahala amal ini utk alm orang tua
Image
2 Aaminn
+1
siddiq tryono 1 bulan yang lalu
mohon doanya supaya dapat lulus wawancata untuk kerja di jepang besok
Image
2 Aaminn
+1
Alanti2 bulan yang lalu
Untuk almarhum/ah Daulat bin Khan, Sofia binti Saleh Barkat, Nasrullah bin Daulat, Aziz bin Daulat
Image
2 Aaminn
+1
Sobat Baik2 bulan yang lalu
Semoga berkah Amiin ya rabbal'alamiin
Image
1 Aaminn
+1
Bagikan melalui:
✕ Close