Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

5 Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan 2024

Ramadan karim…

Forhumanity.id – Akhirnya sampai juga kita di bulan Ramadan 2024, bulan yang paling ditunggu-tunggu karena keistimewaannya. Pada bulan ini segala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tidak hanya berpuasa dan shalat tarawih, tapi juga ada ibadah lain yang harus kita tunaikan karena keistimewaannya seperti tadarus Al-Qur’an.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Berikut ini adalah 5 keutamaan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadan 2024 ini yang bisa sahabat raih:

Sumber: Freepik
Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Bayangkan, membaca Al-Qur’an di hari biasa saja kita akan mendapatkan satu kebaikan. Apalagi dikerjakannya di bulan Ramadan, bulan yang penuh keistimewaan. Maka kebaikan tadarus Al-Qur’an yang didapatkan menjadi sepuluh kebaikan.

Membuat Hati menjadi Tenang

Al-Qur’an adalah lebih dari sekedar buku, namun memiliki setiap jawaban dari segala pertanyaan kita. Saat membaca Al-Qur’an kita akan membaca ayat-ayat Allah yang akan mengingatkan kita kepada Allah SWT. Dengan begitu hati kita akan berubah menjadi tentram. Sebagaimana firman Allah SWT pada surat Ar-Rad ayat 28:

“Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram.”

Meningkatkan Keimanan Kita kepada Allah SWT

Semakin sering kita baca Al-Qur’an, maka semakin tersadarkan juga kita akan keajaiban Al-Qur’an sehingga bertambah juga kedekatan kita kepada Allah SWT.

Mendapatkan Kemudahan di Hari Kiamat

Rasulullah SAW akan memberikan syafaat untuk orang-orang yang membaca Al-Qur’an khususnya di bulan Ramadan. Sehingga siapa saja yang membacanya maka akan mendapatkan pertolongan di hari kiamat nanti.

Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Al-Qur’an adalah kitab penolong umat manusia. Pada bulan Ramadan ini adalah kesempatan untuk memperbanyak pahala salah satunya dari membaca Al-Qur’an. Orang-orang yang rajin membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari maka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Sahabat, yuk kita berlomba-lomba mencari kebaikan di bulan Ramadan ini. Karena ‘hadiah’ yang disiapkan oleh Allah SWT di bulan Ramadan ini akan dilipatgandakan. Alhamdulillah, kita masih berkesempatan bertemu Ramadan 2024, maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Kita tidak pernah tahu apakah tahun depan kita masih akan bertemu Ramadan lagi atau tidak. Jadi, bekali diri kita dengan perbanyak amalan baik di bulan Ramadan 2024 ini seperti mengaji Al-Qur’an.

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved