Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

5 Cara Rutin Berdonasi Tanpa Tunggu Banyak Rezeki

Membantu sesama adalah tanggung jawab sosial yang didorong oleh empati. Berdonasi adalah salah satu bentuk membantu sesama yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Kita tidak harus tunggu kaya untuk berdonasi, yang terpenting adalah keinginan kuat untuk berbagi dan niat ikhlas, maka akan menghasilkan manfaat.

Berbagi adalah hal mudah dan mampu dilakukan oleh semua orang. Namun, ego kitalah yang membuat itu menjadi sulit. Kita dihadapkan oleh berbagai situasi sehingga terjadi kompetisi pertarungan hidup antar kelas yang membuat kita sulit berbagi dengan tulus dan berempati.

Foto: Kompasiana.com
Kunci konsisten untuk berbagi
  • Berbagi Semampunya

Berdonasi bukan soal seberapa banyak yang kita berikan, sebab Allah tidak pernah menilai sedekah atau sikap baik seseorang dari jumlahnya. Kamu bisa sisihkan sebagian rezeki yang kamu punya untuk didonasikan. Hal terpenting dari berdonasi adalah kebiasaan kita berbagi dengan tulus.

  • Berbagi Seadanya

Berbagi tidak hanya dengan uang tapi juga bisa dilakukan dengan membagikan pakaian bekas layak pakai, buku, mainan, makanan, bahkan tenaga seperti menjadi relawan. Melalui berdonasi kita dapat mendapatkan manfaat yang dirasakan orang lain dan juga kita sendiri.

  • Terapkan Rumus Belanja: Masuk Satu, Keluar Satu

Caranya dengan melihat kembali apa yang sudah kamu punya saat kamu ingin membeli barang baru. Contohnya seperti ketika ingin membeli baju baru, maka pilih baju yang sudah kamu punya dan masih layak pakai namun sudah jarang atau tidak pernah kamu pakai lagi untuk dibagikan ke orang lain. Manfaatnya, selain tidak ada barang menumpuk, orang lain yang diberikan mendapat pakaian yang layak untuk melindungi tubuh mereka.

  • Bantu Lingkungan Terdekat atau Saudara yang Terkena Musibah

Kita tidak pernah tahu kapan bencana akan datang dan di mana. Namun, jika itu terjadi kita memiliki tanggung jawab untuk membantu para korban bencana. Bencana bukan menjadi ujian para korban saja, melainkan juga kita. Apakah kita terdorong untuk membantu atau hanya cukup tahu saja?

  • Buat Dompet atau Rekening Khusus Donasi

Jika kamu sudah memiliki penghasilan atau uang jajan dan kamu ingin berdonasi dengan uang, kamu bisa sisihkan sebagian uang tersebut untuk berdonasi dengan cara memisahkannya di dompet khusus donasi. Hal ini bisa kamu lakukan agar kegiatan donasi kamu lebih konsisten, dan uang untuk berdonasi tidak digunakan untuk hal lain.

Menjadi konsisten memang sulit, tapi mulailah dengan niat dan mau mencoba, InsyaAllah niat baikmu untuk berdonasi akan dimudahkan oleh Allah SWT dan kamu mendapat ganjaran yang berlipat dari yang kamu donasikan. Kamu mau mulai konsisten donasi dengan cara yang mana? Sebarkan manfaat melalui donasi di For Humanity sekarang!

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved