Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Pejuang Jalanan Lebih Lelah tapi Tak Seberisik Kita

Forhumanity.idMengeluh itu wajar. Namun, apakah kamu sadar bahwa ada yang bebannya lebih banyak dan lelah dari kita tapi tak pernah mengeluh? Para pejuang jalanan contohnya. 

Jalanan adalah ‘kantor’ mereka dan di sanalah ada banyak harapan untuk mereka. Profesi pejuang jalanan bermacam-macam. Ada yang menjadi pedagang asongan, juru parkir, mengamen dan mengemis, tukang becak dan lainnya. Mungkin mereka terlihat baik-baik saja, namun diam-diam menyembunyikan rasa perih akibat perut keroncongan.

Mereka harus mencari nafkah di bawah terik matahari, terpapar polusi jalanan, kerja tanpa libur, dan pendapatan tak selalu untung. Kadang berangkat dengan perut kosong, pulang pun masih kelaparan. Para pejuang ini sehari-hari menelusuri jalanan yang jauh demi mendapatkan rupiah. Ada yang berjalan kaki sambil memikul dagangan, ada pula yang menggunakan kendaraan. Kadang pulang bawa uang, tak jarang juga pulang dengan tangan kosong dan dagangan yang masih utuh.

Para pejuang jalanan ini tak punya jam kerja yang pasti. Tanpa mengenal waktu, mereka berikhtiar dari pagi hingga langit gelap demi memenuhi kebutuhan hidup dan keluarga. Ujiannya mungkin terdengar lebih berat dari kita, tapi keluh kesahnya jarang sekali kita dengar. Hanya rasa optimis dan penuh harapan yang bisa kita lihat dari wajah-wajah mereka.

Menurut Global Hunger Index (GHI), pada 2021 tingkat kelaparan Indonesia berada di level 18. Meskipun menurun, Indonesia masih ada di kategori negara kedua di mana sebagian besar penduduknya berkutat dengan kelaparan.

Keluh kesah mereka dalam sulitnya menjalani hidup demi sesuap nasi memang tak pernah kita dengar. Dapat sedikit mereka syukuri, tak dapat sama sekali pun mereka coba lagi di hari berikutnya. Kerja kerasnya terus berlanjut hingga melupakan rasa lelah.

Sahabat, ternyata keluh kesah kita belum tentu lebih berat dari orang lain. Tantangan di jalanan juga belum tentu bisa kita lewati. Para pejuang jalanan pun mungkin juga terpaksa menjalani ini demi mengisi kekosongan perutnya. Setiap orang memang punya ujiannya masing-masing, dan kita hanya bisa berjuang serta bersyukur. 

Yuk hentaskan rasa lapar para pejuang jalanan mulai hari ini! Hentaskan Rasa Lapar Para Pejuang Nafkah Jalanan

Dengan berdonasi di ForHumanity, InshaAllah donasimu sampai di tangan yang tepat dan menjadi tabungan pahala untukmu karena sudah meringankan para pejuang jalanan yang kelaparan.

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved