Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Sayang Dilewatkan, Keutamaan Donasi Dapat Pahalanya Tanpa Henti

Forhumanity.id – “Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: ‘Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)-ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” 

(QS. Al-Munafiqun: 10) 

Donasi merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Dalam Islam, Allah SWT dan Rasul-Nya sangat menganjurkan umatnya untuk berdonasi atau bersedekah. Berdonasi tidak perlu dalam jumlah yang banyak dan harus kaya harta. Bahkan Rasulullah SAW sering kali bersedekah setiap mendapatkan rezeki, meskipun tidak bergelimang harta.

 

Keutamaan berdonasi

Berdonasi punya banyak keutamaannya. Karena berdonasi memiliki tujuan untuk membantu sesama agar bisa meringankan beban mereka. Beberapa keutamaan donasi menurut dalil Al-Qur’an dan Hadits adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

  • Sebagai penghapus dosa

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi). 

  • Dijauhkan dari api neraka

Rasulullah SAW bersabda, sabda Rasulullah SAW, “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Muttafaqun’alaih).

Berdonasi bisa dimulai dari lingkungan terdekat. Seperti berdonasi untuk saudara setanah air. Masih banyak saudara kita di pedalaman Indonesia yang membutuhkan bantuan kita. Masalah mereka di sana bisa jadi lebih besar dari orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan. Banyak di antara kita yang hidupnya kurang beruntung. 

Salah satunya adalah kaum dhuafa di NTB yang hidup sebatang kara berjuang untuk melawan penyakit yang dideritanya sendirian. Maka dari itu, bantuan dari sahabat sangat dibutuhkan untuk mereka. Sahabat dapat bantu mereka melalui donasi online terpercaya For Humanity di program Tebar Sembako dan Santunan Tunai Untuk Kaum Dhuafa Sebatang Kara

 

Keutamaan berdonasi untuk Palestina

Sebagai muslim, kita mempunyai kewajiban untuk membantu saudara kita yang teraniaya di negerinya sendiri, yaitu negerinya para Nabi – Palestina. Negeri di mana banyaknya utusan Allah SWT diutus dan negeri yang diberkahi oleh Allah SWT. Ini lah mengapa dengan donasi untuk Palestina memiliki keutamaan. Berikut ini adalah keutamaan donasi untuk Palestina:

  • Sebagai tanda iman yang sempurna

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan.”

  • Mendapatkan surga

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di sekitar ‘Arasy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya. Di atasnya ada kaum yang mengenakan pakaian dari cahaya dan wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada. Mereka didengki oleh para nabi dan syuhada.”

“Para sahabat bertanya, ‘Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling berkumpul karena Allah dan saling mengunjungi karena Allah.” (H.R. An-Nasai di dalam As-Sunan Al-Kubra).

  • Meringankan kesulitan di hari kiamat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa yang meringankan kesulitan besar seorang muslim di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitan besarnya pada hari kiamat.

Dan barangsiapa yang memudahkan orang yang kesulitan, maka Allah SWT akan memudahkan untuknya kesulitan pada hari kiamat.

Barangsiapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah SWT akan menutup aibnya di dunia dan di akhirat, dan Allah SWT menolong seorang hamba selagi hamba tersebut menolong saudaranya.” (H.R. Muslim).

Dengan begitu, sahabat dapat membantu saudara kita di Palestina dengan mudah melalui donasi Palestina resmi seperti For Humanity. Ada banyak program bantuan untuk Palestina yang sedang dijalankan dan bisa sahabat pilih. Salah satunya adalah bantuan untuk menyelamtkan saudara kita di Palestina dari krisi air bersih, melalui program Sedekah Air Bersih Mulai Dari 1 Liter untuk Selamatkan Kehidupan di Palestina.

Raih keutamaan donasi dengan membantu sesama melalui For Humanity. Kirim bantuan melalui For Humanity, sahabat dapat bantu saudara kita di pedalaman Indonesia sekaligus di Palestina. Yuk donasi sekarang!

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved