Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Jum’at Berkah Berbagi Makanan untuk Pejuang Nafkah Jalanan

Forhumanity.id – Setiap kita bepergian, seringkali kita menemukan pemulung, pedagang asongan, pengamen, anak-anak jalanan, tukang becak, dan yang lainnya yang sedang kelaparan dan membutuhkan bantuan kita. Mereka sedang mengharapkan makanan tapi tidak punya penghasilan yang cukup untuk membelinya. 

Keberadaan mereka di jalanan, sebenarnya sedang mengadu nasib di bawah terik matahari dan guyuran air hujan. Kita tidak pernah tahu berapa jauh jarak yang mereka tempuh untuk bisa menghasilkan uang  yang bisa diberikan untuk keluarganya. Walaupun mereka terlihat baik-baik saja, tapi ada rasa lapar yang mereka sembunyikan.

Setiap harinya mereka mengantongi uang yang tak menentu. Jumlahnya tidak bisa diprediksi apakah cukup atau tidak untuk makan sekeluarga. Tugas kita sesama manusia adalah saling bantu. Sebagaimana ayat berikut ini yang membahas tentang berbagi pada surah Al-Baqarah ayat 267:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ ٢٦٧

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu infakkan, padahal kamu tidak mau mengambilnya, kecuali dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Ketahuilah bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.”

 

Penyaluran Nasi Box
Isi sedekah nasi box yang dibagikan ke para pejuang nafkah jalanan. Sumber: ForHumanity.

Alhamdulillah, atas donasi dari para sahabat, nasi box berisi ayam, nasi, sayur, puding, dan air mineral sudah kita salurkan ke 23 orang para pejuang nafkah jalanan. Penyaluran ini kami lakukan pada hari Jum’at 28 Juni 2024. Sembari berbagi sembari kita menikmati keberkahan hari Jum’at bersama orang-orang di sekitar kita.

Karena hari Jum’at adalah hari yang istimewa dan dianjurkan untuk kita bersedekah. Sebagaimana hadits berikut ini:

“Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.” (HR. Abdurrazaq dalam Al-Mushannaf).

Nasi box ini kita salurkan di Kabupaten Bandung dengan menyusuri jalur Cileunyi – Gedebage.  Para pejuang nafkah jalanan ini sangat antusias dan menyambut hangat kehadiran bantuan dari sahabat. Bahkan beberapa dari mereka langsung menyantap bantuan dari sahabat.

Terima kasih sahabat, semoga dengan penyaluran ini kita dapat meringankan beban para pejuang nafkah jalanan untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Harapannya, semoga penyaluran ini bisa terus berjalan dan rutin dilakukan. InshaAllah kebaikan sahabat akan dibalas berkali lipat oleh Allah SWT.

 

Yuk ringankan beban pejuang nafkah jalanan bersama ForHumanity!

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved