Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Tata Cara dan Keutamaan Sedekah Subuh beserta Haditsnya

Forhumanity.id – Ternyata bangun pagi punya begitu banyak manfaat dan keutamaannya. Salah satunya adalah sedekah subuh. Sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan sebagian harta di jalan Allah untuk kebaikan bagi yang membutuhkan dan dilakukan setelah shalat subuh, tepatnya sebelum matahari muncul. 

Waktu subuh adalah salah satu waktu yang dianjurkan untuk bersedekah. Karena di waktu subuh ketika matahari belum terbit, ada malaikat yang turun ke bumi dan mendoakan umat muslim yang beribadah. Oleh karena itu, orang-orang yang bersedekah di waktu subuh juga didoakan keinginannya oleh para malaikat. 

Sebagaimana hadits sedekah subuh berikut ini, “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak, sedangkan yang satu lagi berdoa: Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Walaupun begitu, sedekah bisa dilakukan kapan saja. Karena sedekah tetap bagian dari ibadah. Namun, waktu subuh memiliki keistimewaannya tersendiri. Waktu ini adalah peralihan ketika malam berganti pagi, atau gelap berubah menjadi terang.

 

Tata Cara Sedekah Subuh

Berikut ini adalah beberapa contoh tata cara sedekah subuh yang bisa kita lakukan.

  • Sedekah subuh di kotak amal masjid

Jika sahabat melaksanakan shalat subuh di Masjid, maka sahabat bisa melakukan sedekah di sana melalui kotak amal yang disediakan

  • Sedekah subuh melalui transfer
Pilihan program untuk sedekah subuh di ForHumanity.

Jika sahabat melaksanakan shalat subuh di rumah, maka sahabat bisa melakukan sedekah online melalui lembaga kemanusiaan terpercaya seperti For Humanity. Sahabat bisa kunjungi website For Humanity, lalu pilih program kemanusiaan apa saja yang diinginkan.

  • Mengantarkan bantuan di waktu subuh

Sedekah subuh yang satu ini bisa dilakukan dengan cara mengantarkan bantuan ke orang-orang yang sedang membutuhkan di waktu subuh atau sebelum terbit matahari.

  • Berbagi makanan kepada sekitar

Sedekah subuh tidak hanya berbentuk uang. Dengan memberikan makanan untuk lingkungan sekitar seperti keluarga atau tetangga di waktu subuh untuk menyiapkan mereka memulai aktivitas juga bisa dilakukan.

 

Keutamaan Sedekah Subuh

Ilustrasi waktu subuh

Berikut ini adalah beberapa keutamaan sedekah subuh:

  1. Mendapat pahala yang besar, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bersabda pada hadits sedekah subuh ini, “Sedekah itu tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah memutuskan tali seseorang yang memberi sedekah subuh sebelum ia beranjak dari tempat shalatnya, melainkan Allah akan menambah keberkahan dalam harta, keluarga, dan umurnya.” (HR. Muslim)
  2. Penghapus dosa-dosa yang telah dilakukan, sebagaimana hadits sedekah subuh ini yang disabdakan Rasulullah SAW, “Sesungguhnya di waktu subuh adalah waktu yang paling utama untuk bersedekah. Karena pada waktu itu, malaikat berdiri di pintu-pintu masjid untuk mencatat orang-orang yang memberi sedekah.” (HR. Ahmad)
  3. Menjaga harta dari musibah, sedekah subuh membentengi harta seseorang dari berbagai macam musibah yang menimpanya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Lindungi harta-hartamu dengan bersedekah, dan lindungilah anak-anakmu dengan shalat subuh.” (HR. Ahmad)

 

Sedekah Subuh di Hari Jumat

Selain itu, sedekah subuh jika dilakukan di hari Jumat juga menjadi amalan baik. Karena, hari Jumat merupakan hari yang istimewa dalam Islam. Dari Abu Lubanah Al Badri, Rasulullah bersabda, “Penghulunya hari-hari yakni hari Jumat, dan hari Jumat merupakan hari yang paling agung di sisi Allah. Dan lebih agung di sisi Allah daripada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Waktu subuh dalah waktu yang berharga untuk memulai hari dan hari Jumat adalah hari yang mulia. Maka jika kita melaksanakan sedekah subuh di hari Jumat, akan ada pahala yang berlipat ganda. Orang-orang yang bersedekah di waktu subuh akan didoakan malaikat dan orang-orang yang bersedekah di hari Jumat juga akan dilipatgandakan. Sebagaimana Nabi bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239)

Jadi, sudah siapkan sedekah subuhmu? Tunaikan sedekahmu di subuh nanti bersama ForHumanity.

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved