Impact Kebaikan

Kisah kebermanfaatan yang sudah kamu berikan kepada mereka.

Ternyata Ini Alasan Bulan Muharram disebut Lebaran Yatim, Bonus dapat Amalan Baik

Forhumanity.id – Sudah memasuki bulan Muharram rasanya tidak ada yang berbeda. Tapi, tahu kah kamu kalau bulan Muharram adalah bulan yang diistimewakan dalam Islam. Salah satu keistimewaan di bulan ini diantaranya Idul Yatama.

Idul Yatama adalah sebuah tradisi menyantuni anak yatim setiap tanggal 10 Muharram, yang sudah terbentuk sejak dahulu. Lantas bagaimana penjelasan bulan Muharram yang disebut lebaran yatim?

 

Kenapa bulan Muharram disebut lebaran anak yatim?

Bulan Muharram disebut lebaran yatim karena setiap tanggal 10 Muharram ada kegiatan menyantuni anak yatim yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Amalan ini sebagaimana tertuang dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyya-I wal Mursalin, disebutkan Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ ، وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

Artinya: “Barangsiapa berpuasa pada hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya”

 

Kemudian sebagaimana hadits dari Musnad Ahmad, 7/36 berikut:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ مَسَحَ رَأْسَ يَتِيمٍ لَمْ يَمْسَحْهُ إِلَّا لِلَّهِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ مَرَّتْ عَلَيْهَا يَدُهُ حَسَنَاتٌ وَمَنْ أَحْسَنَ إِلَى يَتِيمَةٍ أَوْ يَتِيمٍ عِنْدَهُ كُنْتُ أَنَا وَهُوَ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ وَفَرَّقَ بَيْنَ أُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

Artinya: Diriwayatkan dari Umamah, sesungguhnya Nabi bersabda: Barang siapa mengusap kepala yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan. Barang siapa berbuat baik kepada yatim di sekitarnya, maka ia denganku ketika di surga seperti dua jari ini. Nabi menunjukkan dua jarinya; jari telunjuk dan jari tengahnya.

 

Amalan di tanggal 10 Muharram

Selain mengasihi anak yatim, kita juga memiliki kesempatan besar untuk meraih amalan sebanyak-banyaknya di bulan Muharram. Karena pada tanggal 10 Muharram, ada banyak amalan yang bisa kita tunaikan, yaitu:

  • Puasa

Puasa sunnah yang dianjurkan pada bulan Muharram adalah puasa Tasua dan Asyura pada tanggal 9 & 10 Muharram. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

أَفْضَلُ الصَّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَريضَةِ صَلَاةُ اللَّيْل

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.” (HR Muslim dalam Shahih-nya bab Fadhlu Shaum Al-Muharram).

 

Puasa Asyura juga memiliki keutamaan untuk meleburkan dosa kita selama setahun yang telah lewat. Sebagaimana hadits berikut:

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيَامٍ يَوْمٍ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةً. (رواه مسلم)

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Qatadah RA: Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: ‘Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’.” (HR Muslim).

 

  • Sedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barang siapa bershadaqah di hari ini, maka seakan-akan bershadaqah selama satu tahun.” (HR. Abdullah bin Amru bin Al-Ash).

Begitu penting sedekah dan menyantuni anak yatim di bulan Muharram ini. Sahabat bisa melakukan sedekah ke lembaga donasi terpercaya seperti ForHumanity. Melalui ForHumanity, sahabat bisa menemukan program bantuan untuk anak yatim, seperti:

Dilansir dari halaman NU Online, banyak ulama yang menganjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar pada hari Asyura dan bulan Muharram. Salah satunya Imam Al-Ajhuri yang menganjurkan membaca doa berikut sebanyak 70 kali, niscaya Allah akan menjaganya dari keburukan di tahun tersebut.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung dan penolong.

Amalkan dzikir ini di hari Asyura untuk mendapatkan keutamaan dan hidayah Allah SWT:

      •  Laa ilaha illallah 100 x
      • Allahumma shalli ala Sayyidinaa Muhammad wa’ala alihi washahbihi wa sallam 100 x
      • Astaghfirullah al-adziim 100 x
      • Rabbanaa dzalamnaa anfusanaa wain lam taghfirlanaa lanakunanna minal khaasiriin 100 x
      • Hasbunaallahu wani’mal wakiil 450 x
      • Hasbunallahu wani’mal wakiil ni’mal mawlaa wanni’mannasiir 70×
      • Robbighfirlii waarhamnii watub ‘alaih 1000×

 

Semoga di bulan Muharram ini kita bisa meraih amalan baik sebanyak-banyaknya. Aamiin.

Temukan dan Hubungi Kami di :

© For Humanity. All rights reserved